06 Oktober 2010

ANALISIS PERBANDINGAN

Analisis perbandingan digunakan untuk membandingkan rata-rata antara dua atau lebih kelompok sampel data. asumsi mendasar dalam analisis perbandingan adalah bahwa variabel data yang akan dibandingkan harus mengikuti distribusi normal.Asumsi lainnya yang harus dipenuhi dalam analisis perbandingan dengan ANOVA (Analysis of Variance) adalah homogenitas varians. Ini dilakukan melalui uji Levene's homogenity-of-variance test.


Langkah pertama untuk metode perbandingan ini adalah mengumpulkan data (sampel) dari setiap objek per kelompok variabel. Pengukuran bersifat kuantitatif atau minimum berskala interval.

Selanjutnya kita mengenal apa yang disebut dengan statistik uji t dan analisis varians (ANOVA). Statistik uji t dan ANOVA digunakan sebagai statistik uji untuk perbandingan dua atau lebih kelompok sampel data. Uji t digunakan untuk membandingkan dua sampel yang akan dibandingkan, sedangkan ANOVA digunakan untuk uji perbandingan lebih dari dua kelompok sampel data maka digunakan analisis varians. Ada 5 bagian utama untuk analisis perbandingan rata-rata pada compare means di SPSS yaitu :
  • Perbandingan Rata-rata (mean) 
Perbandingan rata-rata digunakan untuk membandingkan nilai rata-rata dan satandar deviasi antara 2 kelompok sampel/data. 
  • Analisis Chi-Square
Analisis Chi-Square digunakan untuk membandingkan frekuensi observasi (fo) dengan frekuensi ekspektsi (fe) ke dalam masing-masing kategori apakah semua kategori mempunyai proporsi nilai yang sama.
  • One Sample t-test
One Sample t- test digunakan untuk membandingkan apakah terdapat perbedaan atau kesamaan rata-rata dari kelompok sampel data dengan nilai rata-rata  tertentu.
  • Independent Sample t-test
Independen sample t-test  digunakan untuk membandingkan 2 kelompok sampel data dan kedua kelompok sampel tersebut bersifat independen/bebas.
  • Paired Sample t-test 
Paired sample t-test  digunakan untuk membandingkan antara 2 kelompok sampel dan kedua kelompok sampel ini saling berhubungan.
  • One Way ANOVA.
One-Way Anova  digunakan untuk membandingkan nilai rata-rata antara 2 atau lebih kelompok data. Dalam uji ini diperlukan asumsi distribusi normal dan homogenitas varians antara kelompok sampel.

Baca juga :

1. Perbandingan Rata-rata

2.  Analisis Chi-Square

3. One Sample T-test

4. Independen sample T-Tes

5. Paired sample T-Test 

6. One Way Anova 

Referensi :

Elliot,A.c and Woodward,W.A.(2007).Statistical Analysis Quick References Guidebook: with SPSS Example.London New Delhi: Sage Publications

Field, A. (2009). Discovering Statistics Using SPSS 3rd. London: Sage Publications

Ho, Robert. (2006). Handbook of Univariate and Multivariate Data Analysis and Interpretation with SPSS. London New York: Chapman & Hall CRC

Morgan,G.A et al. (2004). SPSS for Introductionary Statistics: Use and Interpretation 2nd. New Jersey London: Lawrence Erlbaum Associates

Muijs,D.(2004).Doing Quantitative research In Eduaction.LOndon Californis: Sage Publications

89 komentar:

Anonim mengatakan...

Terimakasih banyak untuk artikelnya.
Saya mau tanya boleh ya?
Saya punya tiga data berupa angka.
Data pertama berupa data Kapasitas Normal misalnya = 100

Data kedua berupa data Kapasitas Real, misalnya = 80

yang ketiga Data hasil penelitian = 90

Dengan cara atau teknik apa ya kalau saya mau membandingkan data kedua dan ketiga dengan titik acuan pada data pertama.
Terimakasih.
gitaramdhani91@gmail.com

rozaq fadlli mengatakan...

Terimaksih, sangat membantu sekali

Unknown mengatakan...

terima kasih...
artikelnya sangat membantu, saya mau bertanya..
saya menggunakan analisis komparatif untuk membandingkan 2 rumus perhitungan biaya, jenis analisis komparatif yang tepat untuk digunakakan apa?
dan rumusnya bagaimana?

mohon bantuannya terima kasih..

Unknown mengatakan...

ilmunya sangat bermanfaat. terimakasih

NURSE mengatakan...

Terimakasih.. simple, jelas dan sangat membantu

KELAB PENCINTA ALAM IPG KAMPUS SULTAN ABDUL HALIM mengatakan...

Jika saya nak bandingkan data..
Ada 5 item sebelum
Ada 5 item selepas
Nak guna analisis apa

Suseno Bimo mengatakan...

Untuk variabel pre test dan pos test dapat gunakan uji paired sample T test

Unknown mengatakan...

Saya ingin bertanya, itukan kalo perbabdingan 2 kelompok. Sedangkan saya punya sampel yang memeiliki data awal dan data akhir setelah terapi, nah itu pengujianya juga sama?

Suseno Bimo mengatakan...

Unknown : data awal dan akhir setelah terapi itu 2 kelompok yang berhubungan karena kedua kelompok merupakan kelompok sampel yang sama (sebelum terapi dan sesudah terapi). Bisa gunakan uji paired sample t-test.

Pemburu Ilmu mengatakan...

Pak saya mau tanya, mohon dijawab pak, skripsi saya ingin meneliti perbedaan motif yang melatar belakangi penggunaan media sosial pada Laki2 dan perempuan.
Ada 3 jenis motif, saya mau tau dari masing2 sampel (laki2 dan perempuan) memiliki motif yang mana.
Analisis data apa yang cocok untuk diuji di spss ya pak? Terimakasih

Suseno Bimo mengatakan...

Pemburu ilmu: Gunakan uji chi-square

sarjana muda mengatakan...

pak saya mau ty..saya akan membandingkan tingkat kecemasan atara 2 fakultas berbeda di universitas yg sama..merode apa yg sy gunakan

Suseno Bimo mengatakan...

sarjana muda: gunakan uji chi-square

Anonim mengatakan...

Pak saya mau tanya, mohon dijawab..
Kalau saya ingin membandingkan hasil dosis pasien A dari alat X dan dosis pasien B dari alat Y, apakah saya pakai uji chi-square atau independen sample t-test? Atau mungkin yang lain. Terimakasih

Suseno Bimo mengatakan...

Anonim : Pakai analis independen t-test

Anonim mengatakan...

Izin bertanya, jika saya menguji suatu potensi dan menggunakan 3 jenis konsentrasi dengan Desain pre dan post, uji apa yang harus saya lakukan? Terimakasih

Suseno Bimo mengatakan...

Anonim :
1. Jika skala nominal (binary response), gunakan uji McNemar
2. JIka skala ordinal (lebih dari 2 kategori), gunakan uji Marginal Homogenity.
3. Jika skala kontinue, gunakan uji Wilcoxon.

Ramnah Siregar mengatakan...

boleh bagi solusinya. saya ingin melakukan penelitian dengan 2 variabel bebas yang akan dibandingkan dengan satu variabel terikat. model apa yang akan saya gunakan mohon bantuannya, terima kasih

Ramnah Siregar mengatakan...

Pak izin bertanya. Jika saya Mau menganalisis perbandingan 2 variabel bebas dan 1 variabel terikat, saya harus menggunakan metode apa pak?. Mohon bantuannya pak. Terima kasih pak

pencari ilmu mengatakan...

pak ijin bertanya, bila saya ingin meneliti perbandingan atas 3 hal berbeda untuk mengetahui yang mana hasilnya paling efektif, metode penelitian apa yang bisa saya gunakan???

Suseno Bimo mengatakan...

Ramnah Siregar : Gunakan metode Anova

Suseno Bimo mengatakan...

Pencari ilmu: Jika nonparametrik (tanpa asumsi normal dan homogenitas), gunakan uji wilcoxon. Jika terpenuhi asumsi normalitas dan homogenitas, gunakan uji Anova.

Vina Wulandari mengatakan...

Izin bertanya pak saya mau menyelesaikan studi kasus tentang analisis perbandingan pendapatan dan keuntungan usaha tani karet yang melakukan penjualan nya melalui 2 penjualan, dimana hasil akhir nya dapat menetukan mana yang memiliki pendapatan dan keuntungan lebih tinggi/baik. Metode penelitian apa yang bisa saya gunakan?

Saldi mengatakan...

Izin bertanya pak, kan judul penelitian saya tentang Pengaruh metode semai sistem jaring terhadap performance Bibit padi varietas inpari. Pada penelitian ini terdapat 3 taraf perlakuan yakni
M1 = Kontrol (tanpa jaring)
M2 = penggunaan jaring ikan ukuran lubang 1 mm
M3 = penggunaan jaring ikan ukuran lubang 3 mm
Kira-kira metode penelitian apa yg tepat untuk saya gunakan pak?

Suseno Bimo mengatakan...

Vina Wulandari: Gunakan uji independent sample t-tes

Suseno Bimo mengatakan...

Saldi : Untuk uji pengaruh dari metode perlakuan terhadap kelompok sampel, dapat menggunakan uji Anova.

Ableo swares mengatakan...

mas kalau saya mau membandingkan sebuah data dari Google Maps dan Waze dalam menunjukkan indikator jalan yang sedang macet menggunakana analisis realibilitas,cocoknya pakai yang mana ya untuk mengukur mana yang paling efektif ?

Suseno Bimo mengatakan...

Ableo swares:Gunakan analisis independent t-test

Insar mengatakan...

Bisakah anakova dipakai untk mbandingkan dua rata2 dengan kovariat pre test?
Atau harus tiga rata2?

Mr.x mengatakan...

Kalau saya ingin membandingkan pekerjaan rangka atap, atap kayu dgn baja ringan, kayu dgn single beam, dan baja ringan dgn single beam menggunakan mana ya?

Suseno Bimo mengatakan...

Mr.X : jika data sampel sedikit dan tidak berdistribusi normal bisa gunakan uji kruskal wall's. tetapi jika data berdistibusi normal bida gunakan uji anova.

Cinder mengatakan...

izin bertanya pak, untuk menguji pengaruh dari variabel x terhadap variabel y, dan juga perbandingan antara jenis kelamin laki-laki dan perempuan. kira2 menggunakan uji apa ya? terimakasih

Suseno Bimo mengatakan...

Cinder : yang mau dibandingkan antara laki-laki dan perempuan itu apa?

Septi mengatakan...

Izin bertanya pak, saya akan meneliti perbandingan aplikasi akuntansi sehingga diharapkan akan diperoleh hasil berupa aplikasi yang terbaik. itu menggunakan uji apa ya pak? terimakasih

Unknown mengatakan...

Tolong bantu pak.saya mau meneliti tentang pengaruh penambahan nilai kapasitansi Elco dan variasi nilai kapasitansi pada Elco terhadap hasil output power amplifier.kira2 saya pake uang mana ya pak?

Unknown mengatakan...

Asalamualaikum... Pak saya mau tanya judul penelitian saya.
Perbandingan karakteristik penyuluh pertanian di didesa A dan di desa B . Kira2 menggunakan analisis apa pak?

Nurul Hadiyati mengatakan...

Assalamu'alaikum
Pak saya mau tanya
Judul penelitian saya yaitu :"Analisis Perbandingan Brand Ambassador, Citra Merek Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian di Tokopedia dan Shopee"
Itu untuk metode perhitungannya pakai apa saja ya pak? Pakai RLB kan atau bagaimana?
Mohon di jawab pak

januar.srdn TR mengatakan...

Pak izin tanya, penelitian saya ingin meneliti strategi promosi dari 2 perusahaan e-walet terhadap keunggulan bersaingnya
Kira kira menggunakan analisis apa ya?

Kue sus mengatakan...

Pak,klo mau melakukan uji pengaruh x terhadap y sebelum dan saat pandemi, kira2 metode penelitian yang tepat apa ya pak?
Terimakasih

Suseno Bimo mengatakan...

Nurul Hidayati : analisis pengaruh gunakan uji regresi ordinal,jika Keputusan pembelian sebagai dependen variabel berskala ordinal.

Suseno Bimo mengatakan...

Januar : untuk uji perbandingan 2 perusahaan dalam hal strategi promosi karena ada 2 variabel yang independen, gunakan uji independent t-test

septiana indah nugraheni mengatakan...

Izin bertanya pak, judul penelitian saya efektifitas antara pemberian terapi A dengan B terhadap hipertensi, untuk menentukn mana yg lebih efektif dari antara 2 perlakuan tersebut menggunakan rumus apa ya? Terimakasih

Suseno Bimo mengatakan...

Setiana indah nugraheni : gunakan uji Anova

Unknown mengatakan...

Mau tanya; Saya mau membandingkan;
1. suhu dari 4 sekolah yang berbeda
ujia apa yang digunakan pak

Unknown mengatakan...

Marwa: analisis yang digunakan utk membandingkan suhu dari 4 sekolah yang berbeda dan faktor yang berpengaruh

Suseno Bimo mengatakan...

Unknown : uji One way anova

januar.srdn TR mengatakan...

Setelah mendapat hasil uji dari variabel independen 2 perusahan tersebut, apakah ada analisis yang bisa dipakai untuk membandingkan perusahaan mana yang lebih unggul/lebih efektif promosinya?

indra dwi wahyudi mengatakan...

Saya ingin melakukan menguji hipotesis adakah perbedaan hasil pemeriksaan pada satu sampel dengan menggunakan 2 metode(yg 1 hasilnya nominal yg satu hasilnya berupa angka) sebaiknya memakai uji apa ya? Terimakasih

Suseno Bimo mengatakan...

januar : ya bisa

Try dede mengatakan...

Izin bertanya pak, penelitian saya tentang tingkat kecemasan penumpang trans padang pada masa pandemi. Dan saya ingin membandingkan kecemsan terhadap tingkt pendidikan,kecemsan terhadap latar pendidikan, kecemasan terhadap jenis kelamin, kecemasan terhadap usia dan kecemasan terhadap jumblah pendaaptan metoda apa yang cocok untuk penelitian saya pak.terima kasih atas bantuannya

Suseno Bimo mengatakan...

Tri dede : Dapat menggunakan uji one way anova.

Try dede mengatakan...

Terima kasih pak

Harpiana mengatakan...

Izin bertanya pak, uji apa saja yang digunakan untuk perbandingan pendapatan pedagang keliling dengan pedagang sayur semi menetap dipasar?

Terimakasih pak🙏

Suseno Bimo mengatakan...

Herpiana : Gunakan uji Independen sample t-test

Anonim mengatakan...

Izin bertanya pak, saya ingin membandingakan BUS dengan UUS dari aspek efisiensi, kualitas asset dan stabilitas. Uji apa saja yang digunakan untuk perbandingan tersebut

Terimakasih pak

Suseno Bimo mengatakan...

Anonim : Gunakan uji independen sample t-tes

Jihan mengatakan...

Assalamu'alaikum Pak Suseno Bimo
Mohon dibantu saya ingin membandingkan tingkat permintaan sukuk sebelum pandemi dan saat pandemi, uji apa yang tepat untuk perbandingan ini ya? Terima kasih

Unknown mengatakan...

Izin bertanya pak. Saya mau membandingkan penggunaan media poster dgn media audiovisual terhadap pengetahuan dan sikap nakes terhadap penggunaan APD. Uji apa yg tepat untuk saya gunakan? Terima kasih

Anonim mengatakan...

terimakasih min. berkat penjelasanmu, penjelasan dosen yang ngaku pembimbing saya menjadi tak berguna

Suseno Bimo mengatakan...

Jihan : Waalaikumsalam,Gunakan uji paired sample t-tes

Suseno Bimo mengatakan...

Unknown : Analisis MANOVA

Since 1999 mengatakan...

Assalamualaikum pak, mohon bantuannya, saya sedang mencari pengujian perbandingan 2 model pembelajaran untuk hasil belajar dan pemahaman konsep, lalu uji apa yg sekiranya masuk nggih pak? Lalu jika tidak berdistribusi normal bagaimana?

Unknown mengatakan...

Pak bagaimana membandingkan pendapatan usahatani.Dan pengertian teori pendapatan terbaru yang digunakan?

Suseno Bimo mengatakan...

Since 1999: Wa'alaikumsalam..JIka tidak normal, bisa gunakan uji Mannn whitney

Alicia mengatakan...

Ijin bertanya Pak, judul penelitian Saya perbandingan rendemen cpo pada buah dura Dan tenera Dengan derajat kematangan buah mentah, buah setengah magang, Dan buah matang. Uji apa yang cocok untuk Saya gunakan untuk perbandingan tersebut??

Sauzan Nur Alya mengatakan...

Mohon maaf jika mengganggu waktunya Bapak.

Saya mau bertanya, saya mau membandingkan kinerja reksadana syariah dan reksadana konvensional berdasarkan risiko dan tingkat pengembaliannya.(rentang tahun 2017-2019)

Itu menggunakan metode apa saja ya pak?
Mohon bantuannya pak, terimakasih.

Anonim mengatakan...

Halo Pak, ijin bertanya, judul penelitian Saya perbandingan rendemen dari dua jenis buah, Dengan kematangan mentah, setengah matang Dan matang, pencobaan yang Saya lakukan tiap masing masing tingkat kematangan adalah 4 kali. Jadi uji apa yang bisa Saya gunakan untuk membandingkan nya. Mohon dijawab. Terimakasih

Suseno Bimo mengatakan...

Alicia: Pakai uji ANOVA

Suseno Bimo mengatakan...

Sauzan Nur Alya: bisa Pakai uji ANOVA

Suseno Bimo mengatakan...

Anonim: Pakai ANOVA

Anonim mengatakan...

Izin bertanya pak, penelitian saya mengenenai aktivitas antibakteri kombinasi ekstrak dan metabolit dengan menggunakan 3 kelompok perlakuan uji

1. KELOMPOK PERLAKUAN EKSTRAK TUNGGAL: ( ada k+, k-, serta beberapa konsentrasi)

2. KELOMPOK PERLAKUAN METABOLIT TUNGGAL : ( ada k+, k-, dan beberapa komsentrasi)

3. KELOMPOK PERLAKUAN KOMBINASI EKSTRAK + METABOLIT : ( ada K+, K-, serta beberapa konsentrasi)

Izin bertanya pak jadi kira" metode yang saya gunakan untuk dapat membandingkan data dri 3 kelompok perlakuan nya apa ya pak, dan untuk membandingkan data dri masing" kelompok perlakuan terhadap sampel dari tiap perlakuan nya pak.

Mohon bantuannya pak.

Dea Febbyana mengatakan...

Ijin bertanya . Jika saya ingin mengetahui pengaruh ph terhadap terbentuknya agregat . Dari 30 sampel yang sama saya cek masing masing ph 2 kali (hari 1 & 5) saya lihat masih ada agregat tidaknya (ordinal ada tidak pada hari 1 & 5) maka uji apa yang bisa saya gunakan yah pak ?

Vinda Hardiani Sunarko mengatakan...

Pak saya mau tanya
Saya punya data jumlahnya 3 yaitu data nama jalan, data x = volume kendaraan (3) dan y = kerusakan jalan(3), saya sudah menggunakan analisis regresi untuk mencari pengaruhnya. Lalu disuruh untuk dibandingkan per tiap2 nama jalan. Itu menggunakan uji apa ya pak untuk membandingkan itu? Terimakasih sebelumnya..

Vinda Hardiani Sunarko mengatakan...

Pak saya mau tanya
Saya punya data jumlahnya 3 yaitu data nama jalan, data x = volume kendaraan (3) dan y = kerusakan jalan(3), saya sudah menggunakan analisis regresi untuk mencari pengaruhnya. Lalu disuruh untuk dibandingkan per tiap2 nama jalan. Itu menggunakan uji apa ya pak untuk membandingkan itu? Terimakasih sebelumnya..

Suseno Bimo mengatakan...

Anonim : Pakai Analisis ANOVA

Suseno Bimo mengatakan...

Vinda : Pakai ANOVA

Unknown mengatakan...

Mohon bantuannya pak, kalau misalkan judul saya itu Penilaian yg efektif bagi Siswa dalam memahami pemahaman teks dan
pengetahuan kosakata; Sebuah Studi Banding. Itu harus pake analisis apa pak? Instrumen yg saya mau pake itu tes dan angket. Tes berupa pilihan ganda dan tes rumpang mana yg lebih tinggi skor tes nya bagi siswa.

Unknown mengatakan...

Penilaian yg efektif bagi Siswa dalam memahami pemahaman teks dan
pengetahuan kosakata; Sebuah Studi Banding. Kalau misalkan judul saya begini pak, saya harus pake analisis apa?

Disini sy mau tes siswa menggunakan instrument tes pilihan ganda dan tes rumpang mana yg lebih tinggi skor utk siswanya. Angket utk tau persepsi siswa setelah melakukan tes kedua tersebut. Mohon dijawab. Thank u.

Unknown mengatakan...

Izin bertanya pak, judul penelitian saya perbandingan motivasi belajar antara siswa laki-laki dan perempuan terhadap prestasi belajar, saya harus menggunakan uji apa ya pak?
Terimakasih

Anonim mengatakan...

Uji yg dipakai? untuk
Perbandingan hasil pemeriksaan dengan dua pereaksi berbeda,
tapi masing masing pereaksi mempunyai nilai normal berbeda

Suseno Bimo mengatakan...

Unknown :kalau setiap siswa di test sebelum perlakukan (pre test) dan sesudah perlakuan gunakan uji Paired t test. Jika ada 2 kelompok sampel (1 perlakuan dan 1 kelompok tanpa perlakuan): gunakan independen t test.

Anonim mengatakan...

Izin bertanya pak, Penelitian saya membanding varibel penjualan barang A x sebelum dan sesudah naik tarif dan pengaruhnya ke total pendapatan (Y), alat analisis apa yang harus saya pakai pak, terima kasih

Suseno Bimo mengatakan...

Anonim: pakai uji ANOVA

Unknown mengatakan...

Pak saya mau tanya, mohon dijawab..
Kalau saya ingin melihat efektivitas dari 2 terapi yang berbeda. Kelompok intervensi menggunakan terapi X dan kelompok kontrol menggunakan terapi Y, yang berskala nominal. Itu bisa menggunakan uji apa ya pak?.
Terimakasih

womenpreneur mengatakan...

izin bertanya pak, penelitian saya menggunakan 15 ekor kerbau. (tahap 1. pemeriksaan kebuntingan menggunakan USG di hari ke-30 dan 60, tahap 2. pemeriksaan kebuntingan dengan palpasi rektal. metode yang saya gunakan yaitu deskriptif pak. jadi untuk analisa data perbandingan tahap 1 dan 2 , saya sebaiknya menggunakan uji apa ya pak ? mohon bimbingannya pak

Unknown mengatakan...

Maaf pak . Izin bertanya
Penelitian saya perbandingan nilai NLr orang dewasa dengan kasus negatif dan positif covid di rsud.
Untuk analisis nya pakai analisis apa ya pak untuk statistik nya. Terima kasih

Unknown mengatakan...

Assalamu'alaikum pak mohon izin bertanya
Sya akan melakukan penelitian yaitu
1. Menghitung komposisi hasil tangkapan Selma trip yang diikuti
2. Menghitung perbandingan komposisi hasil tangkapan berdasarkan kedalaman yang berbeda
3. Menghitung perbandingan komposisi hasil tangkapan berdasarkan daerah penangkapan
4. Menghitung perbandingan komposisi hasil tangkapan berdasarkan ukuran layak tangkap dan tidak layak tangkap
Mohon arahannya pak terimakasih

Anonim mengatakan...


assalmualaikum mohon izin bertanya pak rumus apa yg d pakai ya pak untuk menghitung nya
1. Menghitung komposisi hasil tangkapan udang selama operasi penangkapan yang diikuti.
2. Menghitung perbandingan komposisi hasil tangkapan udang berdasarkan kedalaman yang berbeda.
3. Menghitung perbandingan komposisi hasil tangkapan udang berdasarkan daerah penangkapan.
4. Menghitung perbandingan komposisi hasil tangkapan udang berdasarkan ukuran layak tangkap dan tidak layak tangkap.

Anonim mengatakan...

izin pak soalnya besok sudah seminar mohn bantuanya