07 Oktober 2010

ONE SAMPLE T-TEST

Analisis One Sample T-test digunakan untuk membandingkan apakah terdapat perbedaan atau kesamaan rata-rata suatu kelompok data dengan suatu rata-rata tertentu. Dalam analisis ini terdapat uji t. Contoh Kasus
  1. Seorang guru ingin membandingkan nilai ujian matematika semua siswa kelas 3 dengan rata-rata nilai ujian tahun yang lalu. Rata-rata ujian tahun lalu yaitu 6,5. Apakah nilai rata-rata tersebut berbeda signifikan dengan rata-rata 6,5 atau tidak ?
  2. Seorang manajer pemasaran ingin membandingkan rata-rata penjualan salesman dengan rata-rata seorang sales yakni Bambang. Penjualan rata-rata Bambang 65 unit. Apakah rata-rata penjualan salesman berbeda signifikan dengan rata-rata penjualan sales Bambang sebesar 65 unit.

 



Kasus yang akan dianalisis yaitu produksi minuman kaleng merk A. Seoarang  manajer pemasaran ingin mengetahui rata-rata preferensi rasa minuman kaleng dari 30 responden yang diambil. Ia ingin membandingkan preferensi rata-rata rasa minuman dengan pembeli di daerah lain yaitu sebesar 3. Format skala rasa 1-7 dalam bentuk semantic differential.
 
 
Langkah Analisis One Sample T-tes dengan SPSS 


  1. Klik Analyze
  2. Pilih Compare Means
  3. Pilih One-Sample T Test
  4. Masukkan variabel rata-rata kelompok data ke kolom Variable(s)
  5. Beri nilai (angka 3) pada kolom Test Value.




  6. Klik OK
Hipotesis :
H0= Rata-rata preferensi responden pada rasa minuman kaleng tidak berbeda signifikan dari 3.


H1= Rata-rata preferensi responden pada rasa minuman kaleng berbeda signifikan dari 3
Kriteria uji : Tolak hipotesis nol (H0) bila p-value statistik uji t lebih kecil dari 0.05.


 
Hasil Output SPSS
 
Tabel pertama menunjukkan statistik deskriptif tingkat preferensi rasa suka terhadap minuman. Dari 30 responden, rata-rata responden menilai sebesar 3.87 dengan standar deviasi sebesar 2.113. Oleh karena nilai p-value pada tabel One sampel test menunjukkan nilai 0.032 (<0.05), maka kesimpulannya adalah menolak hipotesis null (H0). Hal tersebut berarti rata-rata preferensi responden terhadap rasa minuman kaleng berbeda.
 
Baca juga :

3. Statistik Nonparametrik

4. Analisis Perbandingan  

Referensi :

Antonius,R.(2003).Interpreting Quantitative Data Wit SPSS.London New York: Sage Publications

Greasley,P.(2008).Quantitative Data Analysis Using SPSS: Introduction for Health and Social Science.New York: McGraw Hill Open University Press

Griffith,A.(2010).SPSS for Dummies 2nd.Indianapolis: Wiley Publishing Inc.

Gupta,V. (1999). SPSS for Beginner. New Delhi: VJBooks