09 Desember 2009

ANALISIS DISKRIMINAN

"Discriminant analysis is useful in situation where the total sample can be divide into group based on a dependent variable characterizing several known case. The primary objectives of multiple discriminant analysis are to understandgroup differencess and to predict the likelihood that an entity (individual or object) will belong to a particular class or group based on several metric independent variable," (Hair, Anderson, Tatham, Black,1995)
("Analisis diskriminan berguna pada situasi di mana sampel total dapat dibagi menjadi grup-grup berdasarkan karakteristik variabel yang diketahui dari beberapa kasus. Tujuan utama dari analisis multipel diskriminan adalah untuk mengetahui perbedaan antargrup,"(Hair, Tatham, Anderson, Black,1995).
Sumber : Sofyan dan Heri, 2009

Analisis diskriminan digunakan untuk untuk memodelkan suatu hubungan antara variabel dependen yang berdata kategori dengan beberapa variabel independen (prediktor). Analisis diskriminan berusaha untuk mengelompokan setiap objek ke dalam dua atau lebih kelompok berdasarkan pada sejumlah kriteria variabel independen. Asumsi dalam analisis diskriminan yaitu :

  1. Tidak adanya multikolinieritas antara variabel independen 
  2. Setiap variabel independen mengikuti fungsi distribusi normal 
  3. Adanya homogenitas varians antara kelonpok data.
Contoh kasus
Sebuah tempat pariwisata, yang banyak dikunjungi wisatawan akan melakukan survey terhadap para pengunjung. Variabel penelitian, antara lain informasi tempat wisata, sikap/persepsi, jumlah keluarga, umur kepala keluarga dan pendapan responden. Informasi tempat wisata dibagi 2 kelompok yaitu kelompok yang mendapatkan informasi dari promosi dan kelompok yang tidak mendapatkan informasi promosi. Pihak manajemen ingin mengetahui faktor apa yang mempengaruhi padamasing-masing kelompok? dan apakah ada perbedaan yang signifikan antara kelompok pertama dan kedua.

Download artikelnya [PDF]