22 Oktober 2010

MULTIVARIATE ANALYSIS OF VARIANS (MANOVA)

"MANOVA is a statistical technique that can be used simultaneuosly explore relationship between several categorical independent variable (usually referred to as treatments) and two or more metric dependent variable. Manova useful when the reseacher designs an experimental situation (manipulation of several nonmetric treatment variable) ti test hypothesis concerning the variance in group responses on two or more metric dependent variable,"(Hair, Anderson, Tatham, Black, 1995)
("MANOVA adalah teknik statistik yang dapat digunakan secara simultan untuk mengekplor hubungan antara beberapa kategori variabel independen (biasanya berupa perlakuan) dan dua atau lebih variabel dependen. MANOVA berguna ketika peneliti mendesain situasi eksperimental (manipulasi beberapa variabel perlakuan nonmetrik) hipotesis uji t mengenai varians pada respons kelompok dua atau lebih variabel dependen", (Hair, Anderson, Tatham, Black, 1995))
Sumber : Yamin dan Kurniawan,2009
 

 
Manova dapat digunakan apabila nilai respons atau variabel dependennya berjumlah lebih besar atau sama dengan dua. MANOVA adalah pengembangan dari analisis varians (ANOVA) di mana untuk mengukur perbedaan rata-rata untuk dua atau lebih variabel dependen berdasarkan sebuah atau beberapa variabel kategori yang bertindak sebagai prediktor. Perbedaan antara MANOVA dan ANOVA diformulasikan sebagai :

MANOVA (Multivariate Analysis of Variance)
Y1 + Y2 + Y3 +.......+ Yn = X1 +X2 + X3 +.....+ Xn
(metric) (nonmetric)

ANOVA (Analysis of Variance)
Y1 = X1 + X2 + X3 +....+ Xn
(metric) (nonmetrik)

Ada beberapa asumsi dalam analisis MANOVA antara lain:
  • Normalitas data, asumsi ini didasarkan bahwa sampel memiliki distribusi normal
  • Homogenitas varians, asumsi ini didasarkan bahwa sampel-sampel yang diperoleh berasal dari populasi yang sama dengan diketahui dari nilai varians yang tidak berbeda.

Dalam pengujian statistik perbandingan rata-rata di Manova terdapat 4 metode pengujian :

  1. Pillai's Trace.
  2. Wilk's Lambda
  3. Hoteling Trace
  4. Roy's largest Root

Baca juga :  

1. Langkah Analisis Manova Dengan SPSS

2. Langkah Analisis Faktor Dengan SPSS

3. Analisis Conjoint

4. Analisis Cluster

Referensi :

Field,A.(2009). Discovering Statistics Using SPSS 3rd. London: Sage Publications

Hair,J.F,.Black,W.C.,Babin,B.J.,and Anderson,R.E. (2009). Multivariate Data Analysis 7th Edition.Prentice Hall 

Tabanick,B.G and Fidel,L.S.(2007).Using Multivariate Statistics 5th.New York: Pearson Education

Yamin,S dan Kurniawan,H.(2009). SPSS Complete :Teknik Analisis Statistik Terlengkap dengan Sofware SPSS.Jakarta : Salemba Infotek