16 Desember 2011

Analisis Regresi Ordinal

Metode regresi ordinal digunakan untuk memodelkan hubungan antara variabel dependen yang berskala ordinal, misalnya perbedaan kepuasan mahasiswa yang berkaitan dengan pengalaman masa kuliah, dan penjelasan variabel yang menyangkut demografi dan suasana belajar.  Variabel dependen untuk kepuasan siswa diukur dengan golongan , kategori skala empat likert : sangat puas, tidak puasa, puas dan sangat puas.Variabel demografi misalnya gender dan ras. suasana belajar menyangku masalah keterlibatan fakultas, materi kurikulum, penunjang fasilitas dan aktivitas waktu belajar. Untuk membangun model regresi ordinal yang perlu diperhatikan adalah variabel mana yang harus dimasukkan kedalam model dan memilih fungsi hubungan (misal. logit link atau complemeary link) yang menunjukkan kesesuaian model. Selain itu, model statistik yang sesuai, keakuratan hasil klasifikasi dan valdasi model, misalnya parallel lines, umumnya digunakan untuk menyeleksi model yang terbaik.
Seperti penjelasan di atas, regresi ordinal adalah regresi dimana variabel dependen atau terikat yang menggunakan skala ordinal. Apa itu skala ordinal? Skala ordinal adalah skala pengukuran berupa data tingkatan atau rangking. Sedangkan variabel independen atau bebasnya bisa berupa  covariate (jika skala interval atau rasio) dan factor (jika skala nominal atau ordinal)
Terdapat lima pilihan regresi ordinal atau disebut option link. Pilihannya tergantung dari distribusi data yang dianalisis. Kelima option link tersebut adalah :
  1. Logit. program SPSS secara default menggunakan opsi ini. Digunakan pada kebanyakan distribusi data.
  2. Complementary log-log. Digunakan untuk data yang mempunyai kecenderungan bernilai tinggi.
  3. Negative Log-log. Digunakan untuk data yang mempunyai kecenderungan rendah.
  4. Probit. Digunakan jika variabel laten terdistribusi secara normal.
  5. Cauchit (Inverse Cauchy). Digunakan jika variabel laten mempunyai nilai yang ekstrim
Contoh kasus
Seorang dosen ingin meneliti hubungan antara gender dan minat belajar di sebuah universitasnya. Variabel independen terdiri dari gender dan nilai prestasi belajar sedangkan variabel dependen adalah minat belajar diukur dalam 3 tingkatan yaitu rendah, sedang dan tinggi.
Download artikel [PDF]

107 komentar:

zackuary swandharu mengatakan...

apabila saya mempunyai variabel independen yg berskala ordinal dan variabel dependen berskala interval/rasio, analisis apa yg harus saya gunakan ? apakah regresi ordinal ini bisa diterapkan juga atau tidak ?

Suseno Bimo mengatakan...

Saudara Zackuary,
Untuk melakukan analsis regresi Ordinal, skala variabel dependen harus ordinal.Tentunya kalau skala varbel dependen interval/rasio kurang cocok untk regresi ordinal. Ada 2 alternatif uji statistiknya :
1. Regresi berganda, dengan melakukan transfromasi skala vrbl independen yang tadinya ordinal menjadi interval dgn methods Succesive Interval (MSI).
2. Regresi Ordinal, tapi skala interval/rasio pada varbel dependen diubah menjadi ordinal (misal. dibuat menjadi beberapa kategori)

sufina rosli mengatakan...

hi saudara.saya nak tnya saya nak kaji antara dependendent nya adalah tahap permintaan responden (ya, tidak dan tidak pasti) manakala independentnya adlah faktor-yng mempengaruhi permintaan responden terhadap perkhidmtan kereta api dlm bntuk skala likert...regresi manakah yang sesuai untuk saya gunakan?

Suseno Bimo mengatakan...

Suadara Sufina rosli,
Betul menggunakan analisis regresi ordinal. Apabila variabel dependent (tahap permintaan) skalanya ordinal : ya,tidak dan tidak pasti.Sedangkan variabel independent dapat berskala nominal, ordinal (likert), interval atau rasio.

Winda Sutanti mengatakan...

Saya ingin bertanya bila variabel independen saya ad 3 dan smuanya rasio lalu variabel dependen saya ordinal dengan kategori 8-1 apakah sudah cocok dg regresi ordinal? Atau lebih ke manova ya?
Trims sebelumnya

Suseno Bimo mengatakan...

Suadara Winda Sutanti,
Model Manova digunakan jika variabel dependen ada 2 atau lebih dan berskala metrik (interval, rasio) dan variabel independen berskala nonmatrik. Karena penelitian saudara menggunakan 1 variabel dependen dan berskala ordinal dan variabel independen berskala rasio maka pendekatan yang tepat menggunakan regresi ordinal.

Rima Dini Ghaisani mengatakan...

Selamat siang, saya mau tanya.
Regresi jenis apa yang bisa saya gunakan jika variabel dependen (Y) berskala numerik dan variabel penjelas/independennya berskala ordinal.
Kalau variabel dummy itu hanya untuk variabel penjelas yang berskala nominal kan ya?

Suseno Bimo mengatakan...

Saudara Rima,
Jika variabel dependen (Y) berskala numerik tentunya menggunakan regresi berganda. Karena skala pada variabel penjelas (X) berskala ordinal tentu saja kurang relevan karena salah satu asumsi regresi berganda yaitu berdistribusi normal. Hal ini bisa diatasi dengan melakukan transformasi data ordinal ke bentuk interval menggunakan Method Succesive Interval (MSI.
Regresi berganda dapat juga dilakukan pada variabel dummy penjelas berskala nominal.
Dapat juga variabel dummy pada variabel dependen (Y) yang dinamakan regresi binary logistik.

muhamad arifuddin.blogspoot.com mengatakan...

Maaf saya mau tanya jika variabel independent (x)nya ada 6 sedangkan dependentnya (y) pemilihan karier akuntan pake regresi pa ya

Suseno Bimo mengatakan...

Saudara Muhammad,
Untuk variabel dependen (Y) pemilihan karir akuntan skala pengukurannya apa?
Jika variabel dependen skalanya nominal gunakan regresi multinominal. Jika ordinal gunakan regresi ordinal. Jika dgn skala dummi gunakan regresi binary logistik.

Mimi Umiyonk mengatakan...

pak, kalau misalkan variabel dependen itu mengenai umur perusahaan itu pke skala apa ya? kebetulan untuk variabel indpenden pake skala ordinal..
uji regresi apa yang bagus digunakan?

Suseno Bimo mengatakan...

Mimi Umiyonk :umur perusahaan skala yang dipakai rasio. Gunakan multiple regression. agar terpenuhi skala variabel dalam metode multiple regression,jikavariabel independen dengan skala ordinal lakukan transformasi ke bentuk interval menggunakan Method succesive Interval (MSI)

Nurul Aini mengatakan...

halo pak, saya ingin bertanya kalau variabel independen dengan skala nominal atau interval bisakah variabel dependennya mnggunakan skala likert (setuju-tdk setuju)? kalau iya regresi apa yg cocok digunakan?

Kristian Dwi Nugroho mengatakan...

Selamat pagi pak. Saya Kristian dari FISIP UNS, mau nanya kalo mau mencari sumbangan relatif pada masing2 variabel pada regresi ordinal, caranya seperti apa ya pak? Mohon pencerahannya. Terimakasih sebelumnya pak

Suseno Bimo mengatakan...

Nurul Aini : Dapat menggunakan regresi berganda dengan syarat :
1. pada independen dgn likert adl skalanya ordinal maka perlu ditranformasi ke bentuk interval dengan Methods successive interval (MSI)
2. Pada variabel independen skala interval atau rasio
3. jika pada variabel dependen ada yang nominal dapat diubah dalam skala dummy. caranya : membuat variabel baru sebanyak (k-1) dimana k = jumlah kategori

sinarkutub mengatakan...

dear pak, data saya setelah mencoba memakai semua model, goodness of fit di chi square nya tidak ada yang signifikan, kalau begini saya pakai model yang berdasarkan apa ya pak? terimakasih

Suseno Bimo mengatakan...

Sinarkutub: untuk uji goodness of fit chi-square baik nilai Pearson dan deviance, jika nilai sig. >0.05 menunjukkan bahwa data hasil prediksi model sesuai dengan data empiris. Demikian juga pada tes of parallel lines, nilai sig.chi-square yang didapat >0.05 maka model yang dihasilkan memiliki parameter yang sama sehingga model link function (penghubung) adalah sesuai. Model yang diterima harusnya nilai sig. >0.05 (tidak signifikan)

Hastin Tri Utami mengatakan...

Ass pak..
Mohon penjelasannya pak.. Jika variabel independen saya menggunakan skala likert 1-5 (Sangat Tidak Setuju-Sangat Setuju) tapi variabel dependen saya menggunakan skala rasio dengan nilai maks 1.. Apakah sesuai jika menggunakan analisis regresi berganda dan akan saya analisis dengan SPSS? Trimakasih

Suseno Bimo mengatakan...

Hastin: dapat pakai regresi berganda,tapi terlebih dahulu data pada variabel independen yang sebelumnya skala likert (ordinal) ditransformasi ke interval menggunakan Methods Successive Interval (MSI).

-chepe- mengatakan...

Selamat pagi pak,...klo saya berencana melakukan penelitian dengan variabel independen sekala rasio, sedangkan variabel dependennya skala nominal dan variabel kontrol adalah skala rasio,...maka alat analisis apa yang sebaiknya saya lakukan untuk uji pengaruhnya?

apoed_laohandsome mengatakan...

Selamat siang pak
Jika variabel indepentnya cuma satu dan berskalan interval sedangkan variabel dependentnya berskala ordinal, kira2 metode pengukuran yang pas untuk dilakukan apa ya pak ?
Teruma kasih sebelumnya

apoed_laohandsome mengatakan...

Selamat siang pak
Saya ingin bertanya jika var indepentnya cuma satu dan berskala interval seda gkan variabel dependentnya berskalan ordinal, kira2 metode pengukuran yang sesuai menggunakan apa ya pak ?
Terima kasih sbeelumnya

Suseno Bimo mengatakan...

Ya, gunakan analias regresi ordinal

apoed_laohandsome mengatakan...

Terima kasih banyak pak

ayu mengatakan...

Selamat pagi Pak
saya ingin bertanya jika variabel independent saya adalah variabel demografis meliputi jenis kelamin, usia, tingkat pendapatan, tingkat pendidikan dan suku bangsa sedangkan variabel dependennya menggunakan skala likert 1-7. Metode apa yang sesuai?
Terima kasih

Anonim mengatakan...

Dear bapak,
Pak saya mau tanya bagaimana melakukan tranformasi dari ordinal ke interval dengan Methods successive interval (MSI) dengan menggunakan SPSS? Terima kasih.
Salam, Dyas.

Suseno Bimo mengatakan...

Ayu : Skala Likert termasuk skala ordinal. Gunakan regresi ordinal.

Suseno Bimo mengatakan...

Dyas : Transformasi ordinal ke Interval menggunakan program MSI, download link di bawah ini. (copy dan paste di browser)
https://www.4shared.com/rar/IAOExgqrce/MSI.html

zul yusuf mengatakan...

selamat malam bapak, saya melakukan penelitian dengan vriabel independen Usia (skala interval), riwayat keluarga (ada riwayat dan tidak ada(skala nominal)),status pernikahan (sudah menikah dan belum menikah (skala nominal)), dan variabel dependen stadium penyakit (dibagi menjadi 8 stadium (skala ordinal)).
dengan jenis data diatas, analisis regresi apa yang cocok untuk digunakan?
mohon penjelasannya, terima kasih bapak

Suseno Bimo mengatakan...

zul yuzuf : Malam.....karena variabel dependen berskala ordinal maka gunakan regresi ordinal. Dalam regresi ini variabel independen dapat berskala interval, nominal, rasio atau ordinal.

Merry Unyu-Unyu mengatakan...

Selamat pagi
Pak saya mau tanya ..
Kalau variabel x1 dan y variabel dummy yaitu nominal 1 dan 0
Tapi variabel x2 rasio ... Itu pakai uji apa yah ?
Apa pakai uji regresi logistik
Kemudian apa perlu transform

Suseno Bimo mengatakan...

Merry : Karena variabel Y dummy (1 dan 0) gunakan regresi logistik. Tidak perlu dilakukan transformasi data.

Ferlisa mengatakan...

Selamat siang pak saya mau bertanya
Variabel dependen saya menggunakan skala rasio sedangkan variabel independen saya menggunakan variabel rasio dan nominal jika analisis regresi nya menggunakan anlisis berganda apakah bisa?
Terima kasih

Suseno Bimo mengatakan...

ferlisa: Bisa gunakan analisis regresi berganda tetapi variabel independen yang beskala nominal diubah dahulu menjadi skala dummy

atkreasiku mengatakan...

Selamat siang pak, saya ingin bertanya. Jika variabel x saya menggunakan skala likert dengan 4 skala dan variabel y berupa data kategorik yaitu sukses dan tidak sukses apakah sesuai jika menggunakan analisis probit?

Ferlisa mengatakan...

Kalau tidak diganti ke skala dummy apakah akan berdampak pada hasil selanjutnya? Adakah buku yang menjelaskan tentang itu?
Terima Kasih

Ferlisa mengatakan...

Jika skalanya tidak saya ubah ke variabel dummy apakah akan berpengaruh ke hasil selanjutnya pak?
Adakah buku yang membahas itu? Kalau ada apa nama bukunya?
Terima Kasih

Rizki Sugiarti mengatakan...

bapak saya mau nanya, kan saya data ordinal sudah saya transmisikan ke data interval menggunakan msi nah hasilnya seperti ini
kepatuhan = 1.797 + 0,776 sanksi + self assessment system
lalu ada penjelasan bahwa kepatuhan meningkat 1 satuan dari setiap sanksi dan sas

terus saya baru dapet bacaan kalo datanya kuesioner satuannya tidak bisa dihitung ini gimana yak pak maksudnya mohon bantuannya :(

gede kabinawa mengatakan...

Selamat pagi Pak,
Saya mau tanya, terkait penelitian tentang hubungan antar variabel independen dan dependen. Kalau variabel independen saya ada 3 semuanya ordinal dan variabel dependennya nominal, analisis apa yg sebaiknya saya gunakan? saya disarankan menggunakan metode analisis dengan regresi logistik sederhana ORDINARY, apa reglog ORDINARY itu? saya belum menemukan artikel_nya, terimakasih.

Suseno Bimo mengatakan...

Gede Kabinawa : Kalau variabel dependen skala nominal (>2) kategori gunakan regresi multinominal. Jika variabel dependen skala nominal (ada 2 kategori) misal : kota dan desa dapat menggunakan regresi logistik dengan syarat. Misalnya: dependen yang sebelumnya nominal yaitu kota (1) dan desa (2) dapat diubah ke dalam skala dummy. Untuk kota (1) dan desa (0) atau sebaliknya tergantung dari tujuan penelitian.Sedangkan independen masih dengan skala ordinal.

gede kabinawa mengatakan...

Terimakasih byk pak.
Trus mana yg benar.....apakah menggunakan Regresi Logistik Sederhana ORDINARY atau BINARY ya ? trims

isthofaini fadhila mengatakan...

selamat pagi Pak, saya mau tanya. variabel bebas saya ada 2, keduanya ordinal semua, lalu variabel terikat juga ordinal, ada 1. bagaimana cara melakukan ujinya ya Pak ? menggunakan apa? langkahnya bagaimana ? terima kasih

Suseno Bimo mengatakan...

isthofaini:Gunakan regresi ordinal, langkah-langkah dapat didownlod pada artikel (pdf) atas.

ajay ratu mengatakan...

slmt malam pak,,,,mau nanya, kalau untuk mencari hubungan antra dua varibel, nominal ke ordinal bisa ngak????

finka mengatakan...

siang pa saya mau bertanya, variabel dependen (y) saya yaitu ordinal, sedangkan variabel independen (x) yaitu pekerjaan (nominal) , pendidikan (ordinal) dan pendapatan (ordinal). Bagaimana cara melakukan ujinya ya Pak ? menggunakan apa? langkahnya bagaimana ? terima kasih

arni yusnika mengatakan...

selamat pagi pak, saya mau bertanya jika skala dependen ordinal dan independen rasio. apa bisa menggunakan regresi ordinal ? atau regresi logistik ? terimakasih

SUKONO SUKONO mengatakan...

siang pak, kalo variabel dependen 1 dan 0, sedangkan varaibel independen nya data hasil survey dalam bentuk skala likert (STS SS AS S SSS) berjumlah 4 ditambah beberapa variabe demografi sebagai variabel kontrol, biskah menggunakan regresi logistik ? tipe mana ?

Hayvani Natika Nur mengatakan...

Maaf mengganggu
Pak Saya ingin bertanya, apakah dapat dijelaskan langkah-langkah pengujian probit untuk mengetahui KT50 dan KT90 dalam pengujian efikasi insektisida?
Terimakasih banyak

Liring Dwi Utami mengatakan...

selamat malam pak, pak saya sedang melakukan penelitian, saya bingung jenis kelamin, usia, pendidikan dll itu pakai skala dummy atau nominal ya pak? atau sama saja pak? terimakasi pak.

indry mengatakan...

pak sy mau menanyakan mengenai alat uji statistik yang cocok untuk variabel dependenya pemilihan alat kontrasepsi sedangkan independennya umur,tingkat pendidikan dan paritas ibu mohon penjelasannya. trimakasih

arfiliyah wijaya mengatakan...

Selamat malam, saya ingin melakukan uji hubungan dan ingin menanyakan jika variabel dependent saya nominal dan variabel independen saya rasio uji hubungan yang digunakan apa ya jika saat di uji normalitas tidak normal? karena saya kesulitan sekali menemukan uji yang cocok, terima kasih

dwi rahayu feuj mengatakan...

Selamat malam pak, mau ikut bertanya!
dari hasil analisis uji regresi ordinal dengan variabel independen '0' dan '1'
dr output parameter estimates muncul variabel dengan '0' itu koefisien negatif dengan nilai sig.<0.05
tapi kenapa pada variabel dgn kategori '1' ada keterangan
this parameter is set to zero because it is redundant
cara menarik kesimpulan hasilnya gmn?

Suseno Bimo mengatakan...

Gunakan regresi Ordinal

natasya mengatakan...

malam pak,
saya mau tanya kalau
Var.dependen :
- Pemberian asi ekskkusif (nominal)
Var. Independen:
- pengetahuan (ordinal)
- Pendidikan (ordinal)
- Pekerjaan (nominal)

metode apakah yg cocok?
Terimakasih

Akbar Shara Fuji mengatakan...

maaf, saya telah meregres data saya secara ordinal namun saya tidak yakin akan proses yang telah saya jalankan , bisakah saya berkomunikasi lebih lanjut melalui email atau media lain ?
terima kasih.

Putri mengatakan...

Selamat pagi pak, jika independen skala dummy, dependen skala ordinal saya memggunakan analisis dan regresi apa?

Terima kasih pak

Suseno Bimo mengatakan...

Putri : Pakai regresi ordinal

Anonim mengatakan...

Selamat pagi. Saya menemukan di beberapa literatur bahwa penggunaan analisis regresi berganda diperuntukan untuk pengujian pengaruh variabel independen secara simultan terhadap 1 variabel dependen yang berskala interval/metrik. Dengan kata lain, regresi berganda terdiri dari 1 variabel dependen dan 2 atau lebih variabel independen dimana variabel independen ini dapat terdiri dari data metrik/nonmetrik. Pertanyaan saya, apakah sudah tepat jika saya menggunakan analaisis regresi berganda untuk variabel dependen yg diukur dengan menggunakan skala interval dan variabel independen X1 diukur dengan interval dan X2 diukur dengan skala nominal?
Bila bisa, bagaimanakah proses pengukian validitas dan reabilitasnya> Apakah validitas untuk X2 tetap diperlukan? JIka iya, apa tidak masalah dalam satu instrumen penelitian menggunakan dua analisis yang berbeda untuk menguji validitas>

Unknown mengatakan...

saya mau tanya pak, kalau sudah transformasi data nantinya akan didapatkan angka2 dari masing2 sub variabel yg digunakan. baik variabel X ataupun Y. nah pertanyaan saya begni pak, nantinya untuk analisis bergandanya bagaimana pak? soalnya kan variabel Y nya juga terbagi menjadi sub variabel Y1,Y2,Y3dst...
terimakasih

fadilah rizky mengatakan...

Selamat pagi pak.. Saya mau tanya, yang menentukan penggunaan option link pada regresi ordinal itu apa saja pak? mohon bimbingannya. terimakasih

Fifit Resa mengatakan...

pak mau tanya judul saya pengaruh pengalaman auditor dan indpendensi auditor terhadap audit judgment. skala saya ordinal saya bingung harus pake regresi liniear berganda atau bagaimana pak?

Tami Nisita R mengatakan...

Pa saya mau bertanya, apabila variabel independen saya ada 2 (X1,dan X2) terhadap (Y) dan dua duanya menggunakan skala ordinal maka analisisnya menggunakan apa? terimakasih

Endy mengatakan...

Selamat malam Pak Suseno, saya ingin bertanya.
Apabila saya memiliki variabel independen:
(X1) pengalaman - skala likert
(X2) kompetensi - skala likert
(X3) tipe kepribadian - variabel dummy (tipe kepribadian A dan tipe kepribadian B)
sedangkan variabel dependennya
Y audit judgment - skala likert

saya menggunakan analisis apa pak? terima kasih

beExtraOrdinary mengatakan...

selamat pagi pak, sya ingin bertanya.
penelitian saya ada 3 var. indepanden ,(1 menggunakan dummy, 2 menggunakan rasio) dan var. dependent menggunakan nominal. apakah saya harus mengubah dummy menjadi Methods Successive Interval (MSI). dan saya harus menggunakan analisis dan regresi apa?

terima ksaih pak.

Unknown mengatakan...

assalamualaikum, saya mau bertanya jika variabel independen saya ber skala data nominal semua maka dimasukkan ke kolom faktor dan jika kolom covariate nya tidak terisi apa mempengaruhi hasil analisis? terimaksih

Ike Weny Tiara mengatakan...

Selamat siang pak, saya meu bertanya. Saya punya data seperti ini pak (berturut-turut X1, X2, Y). X1 dan X2 menggunakan skala ordinal (hanya 1 item soal). Sementara Y menggunakan skala ordinal namun seperti hasil yang saya tunjukkan, nilai tersebut merupakan total dari 34 item soal. Untuk mencaro korelasi saya menggunakan kendall's tau karna data tidak berdistribusi normal. Untuk mencari regresi yang pas menggunakan apa ya pak? (data saya terdiri atas 116 responden)
3 2 99
3 2 96
3 2 106
3 1 105
1 2 96
3 2 97
3 2 99
3 1 88
3 2 105
1 2 99
3 2 108
3 2 103
3 2 104
2 2 107
3 1 94
3 1 81
3 2 116
1 2 95
3 2 90

Ike Weny Tiara mengatakan...

Selamat siang pak, saya mau bertanya namun hendak melampirkan jenis data saya. Bagaimana ya pak?

Suseno Bimo mengatakan...

finka : Gunakan regresi ordinal

Suseno Bimo mengatakan...

Liring dwi utami :Jenis kelamin skala nominal, Usia : rasio, pendidikan : nominal/ordinal

Suseno Bimo mengatakan...

Indri: jenis kontrasepsi termasuk skala nominal, jadi gunakan regresi multinominal

Suseno Bimo mengatakan...

Arfiliyah wijaya: jika tidak normal. lakukan uji chi-square,tetapi variabel independen diubah menjadi ordinal.

Elfredo Halawa mengatakan...

pak gimana caranya data saya menggunakan 3 kategori cukup, baik dan kurang, saya sudah uji chi square dan mau lanjut untuk melihat siapa paling berpengaruh dengan variabel terikat saya menggunakan uji apa untuk uji gandanya, saya sudah menggunakan uji regresi birary logistik tapi gak bisa karna harus 2 value yaa , jadi apa kah saya harus mengurangi kategori saya menjadi 2 ??

Imam Aris mengatakan...

mas mau tanya dong, untuk interpretasi di bagian model fitting information itu gimana ya cara baca tabelnya? intercept only dan final itu gmna maksudnya ya? makasih mass

puspitaputria mengatakan...

Maaf pak mau tanya. Kalau Variabel dependen nya merupaan skala likert, kemudian variabel independennya ada yg merupakan skala likert dan skala ordinal. Sebaiknya menggunakan regresi ordinal atau bisa dengan regresi berganda? terima kasih pak

Asep Alpin Laduni mengatakan...

maaf Pak, mau bertanya, bagaimana caranya regresi ordinal secara manual atau menggunakan MS. excel

Suseno Bimo mengatakan...

endy :Gunakan regresi ordinal

Suseno Bimo mengatakan...

beExtraordinary: Tidak perlu mengubah nominal menjadi interval rasio dengan MSI. Jika dependen nominal (dikotomi) gunakan regresi binary logistik.

Unknown mengatakan...

saya mau tanya, kalau variabel independen saya ada dua: faktor genetik (ordinal), status gizi (ordinal), dan variabel depnden saya usia menarche (ordinal). saya pakai regeresi apa yah ? terima kasih

sri bintang pamungkaslara mengatakan...

Permisi Pak, saya mau tanya, Pak data Y saya menggunakan likert dan terdiri dari Y1, Y2, Y3, dan Y4, sedangkan data X saya ada X1 sampai X8, metode regresi apakah yang tepat untuk penelitian saya pak?
Kemudian saya mau bertanya lagi pak, jika data X saya yang berskala interval/rasio ternyata tidak berdistribusi normal, apakah masih bisa digunakan untuk uji regresi, mengingat saya sudah mencoba mentransformasi data saya dengan transformasi Log10, Square root/akar, arcsin, namun masih tetap data saya tidak bisa normal.
jika, salah satu jalannya adalah dengan menggunakan statistik non-parametrik, metode apakah yang tepat untuk penelitian saya Pak? mengingat data yang saya peroleh adalah demikian

Narda Devina mengatakan...

selamat pagi saya mau tanya, kalau variabel y nya berupa rasio, dan variabel x nya berupa interval dan rasio menggunakan analisis apa ya pak?

juria ayu mengatakan...

pak, saya mau bertanya, jika variabel Y = interval, dan variabel X nya adalah gabungan dari data nominal (3 variabel), ordinal(9 variabel), rasio, interval(6 variabel),
menurut bapak saya harus pake regrasi pa ya pak?

Suseno Bimo mengatakan...

Unknown : Karena usia menarche sebagai dependen skalanya ordinal gunakan uji regresi ordinal

Suseno Bimo mengatakan...

Elfredo halawa :karena ada 3 kategori gunakan regresi ordinal

Tomi Pekaongan mengatakan...

Selamat malam pak, saya mau menanyakan metode analisis data untuk:
7 independen variabel: ordinal (persepsi)
1 dependen variabel: ordinal (persepsi)

Analisis apakah yang tepat digunakan? Terima kasih banyak

pito mengatakan...

saya mau tanya pak..
bagaimana jika variabel dependen (y) ada dua variabel (Y1 dan Y2) dengan skala ordinal; sedangkan variabel independentnya (x) ada lebih dari 2 (x1,x2, dst) dengan skala ordinal? apakah memakai regresi ordinal juga?

Anonim mengatakan...

saya mau tanya pak..
bagaimana jika variabel dependen (y) ada dua variabel (Y1 dan Y2) dengan skala ordinal; sedangkan variabel independentnya (x) ada lebih dari 2 (x1,x2, dst) dengan skala ordinal? apakah memakai regresi ordinal juga?

Putri mengatakan...

Selamat Pagi Pak, saya mau bertanya, variabel dependen (Y) peringkat obligasi yg dijabarkan seperti dibawah ini dimana peringkat AAA tertinggi dan D terendah.
Peringkat AAA diberi nilai 18, dan D yang terendah diberi nilai 1,, Variabel dependen saya ini termasuk jenis data apa Pak,? Lalu jika variabel independen (X) saya yang jumlahnya ada 3 menggunakan data rasio, alat analisis apa yang sebaiknya saya gunakan,
Terima kasih sebelumnya,

Rizka Rahmawati mengatakan...

pagi pa, saya mau tanya kalau (X) nya data Nominal dan (Y) nya data Interval harusnya pake apa ya untuk analisis data? terima aksih banyak ya pa :)

Rizka Rahmawati mengatakan...

pagi pa saya mau tanya kalau pakenya HUBUNGAN, terus X nya data Nominal dan X nya data interval itu analisis datanya pake apa ya pa? terimakasih

fatmawati mengatakan...

maaf pak saya mau bertany , jika variabel Y berskala ordinal dan variabel X berupa skla rasio dan dummy , baiknya menggunakan regresi apa ya ? masalahnya penelitiannya untuk mencari pengaruh bukan kemungkinan besar pengaruj, mohon bantuannya , terima kasih

rahma wati mengatakan...

salam. mau nanya kalau variabel Y nya : ordinal/peringkat sukuk, variabel x nya: variabel dummy 0 dan 1 serta variabel kontrol nya: aset. Cara supaya nilainya signifikan gimana? saya sudah mencoba masukkin di spss 20 parameter y nya ga signifikan. nilai test of parallel linesnya 0.00. Mohon Bantuannya dengan sangat. saya menggunakan regresi logistik ordinal. variabel y menggunakan skala ordinal, variabel x nya menggunakan skala nominal, variabel kontrolnya menggunakan skala rasio.

rahma wati mengatakan...

artikel pdf nya ga bisa didownload

Rani Purwasih mengatakan...

maaf pak mau tanya cara transformasi data rasio ke ordinal itu bagaimana ? terima kasih sebelumnya.

DeA LovA mengatakan...

apakah regresi ordinal ini termasuk analisis statistik non-parametrik?

Valencia Steffie mengatakan...

mau tanya kalau variabel x ada 3 dengan skala rasio dan variabel Y ada 2 berupa dummy. Y1 merupakan data nominal dan Y2 data ordinal
saya pakai regresi apa y dan langkah-langkahnya bagaimana? terimakasi

Unknown mengatakan...

Pak, variabel dependen saya ada 3..dua berskala nominal, satu lagi berskala rasio. untuk variabel independen nya ada dua dan keduanya berskala rasio.. regresi apa yang saya gunakan ya pak? terima kasih..

Suseno Bimo mengatakan...

Puspitaputria: GUnakan regresi ordinal

Suseno Bimo mengatakan...

Sri bintang pamungkaslara : Jika ditranformasi datanya masih tidak normal. apakah sudah dideteksi nilai-nilai outlier/ekstrimnya?

Suseno Bimo mengatakan...

Narda Devina : Gunakan regresi berganda

Suseno Bimo mengatakan...

Juria ayu : Gunakan regresi berganda

Suseno Bimo mengatakan...

Anonim : regresi ordinal

Suseno Bimo mengatakan...

Putri : gunakan regresi berganda. Jika peringkat obligasi skala ordinal dapat diubah mena=jadi internal dengan Method Succesive Interval (MSI)

Suseno Bimo mengatakan...

fatmawati :Karena Y skala ordinal maka analisis regresi ordinal

Suseno Bimo mengatakan...

deA LoVa :regresi ordinal termasuk parametrik

Suseno Bimo mengatakan...

Valencia steffi :Sepertinya kalau dibuat 1 model Y1 dijadikan sebagai variabel X (independen) maka model regresi yang dipakai regresi ordinal karena Y2 berskala ordinal

ruli mengatakan...

assalamuaikum pak, kenapa jika model regresi dimasukkan nilai maksimum skala likertnya 4 tetapi hasil y pada model regresi melbihi 4. itu kenapa pak ? apakah berhubungan dengan standart error ?

Suseno Bimo mengatakan...

ruli :wa'alaikum...,nilai Y estimasi bisa lebih dari 4. Nilai error berasal dari selisih dari Y - Y estimasi.