01 Februari 2021

Langkah Analisis Manova Dengan SPSS

Analisis Multivaiate Analysis of Variance atau Manova bertujuan untuk menguji perbandingan rata-rata (means) dua atau lebih kelompok data. Dimana terdapat 2 atau lebih variabel dependen yang bersifat metric dan variabel independen dua (2) atau lebih  yang bersifat non metric.

Contoh kasus

Seorangn guru matematika ingin mengetahui metode pembelajaran yang akan ia terapkan. Pada tahap awal ia mengajar  dengan metode 1 dikelas A dan kelas B, kemudian melakukan tes ujian kepada siswa-siswanya. Selanjutnya ia melakukan pembelajaran dengan metode 2 pada kedua kelas tersebut dan kemudian melakukan tes ujian. Hasil ujian tes siswa pada kedua metode pembelajaran tersebut sebagai berikut :

Langkah analisis Manova dengan SPSS :

  1. Klik Analyze > General Linier Model > Multivariate
  2. Masukkan variabel nilai ujian kelas A dan kelas B ke kolom variabel depedent.
  3. Masukkan variabel Metode ke dalam fixed factor(s)
  4. Klik tombol Option, pilih Descriptive, Homogenity test, dan Estimate of effect size. Klik Continue
  5. Klik Contrast, pada kolom Change Contrast pilih metode Simple. KLik tombol Change. Klik Continue.
  6. Klik tombol Plots, masukkan variabel metode dalam Horizontal axis. Klik tombol Add. 
  7. Klik Continue dan OK.

Hasil Output Analisis Manova dengan SPSS


 
Tabel descriptive statistics menjelaskan rata-rata dan standar deviasi dari nilai ujian pada kelas A dan B. Metode pertama (1) memperoleh rata-rata lebih tinggi pada kelompok kelas B sebesar 55.7, sedangkan metode 2 juga lebih tinggi pada kelompok  kelas B dibandingkan pada kelompok kelas A. Pada kelompok kelas A memperoleh rata-rata dengan metode 1 sebesar 43,05 dan metode 2 hanya 37,25.

Tabel Box's M test digunakan untuk menguji asumsi Manova yaitu homogenitas matrik varian dan kovarians. Untuk mengujinya dengan kriteria terima H0 = matrik varians kovarian antara kelompok metode homogen, jika nilai pengujian memperoleh nilai signifikansi > 0.05.
Hasil pengujian menunjukkan bahwa nilai Box's M sebesar 6,983 dengan signifikansi 0,086. Karena nilai signifikansi 0.086 > 0.05 maka terima H0 yang menyatakan bahwa matrik varian kovarian bersifat homogen.

Pengujian secara simultan yaitu perbandingan rata-rata nilai ujian kelas A dan kelas B antara metode 1 dan metode 2 dilakukan berdasarkan nilai eigenvalue, uji statistik ada 4 yaitu Pillai's trace, Wilk's lambda, Hotelling trace, Roy's largest root.

Nilai Pillai's trace menunjukkan nilai positif sebesar 0.225 dengan signifikansi 0.009. Meningkatnya nilai ini memberikan nilai yang berarti pada model atau adanya perbedaan rata-rata yang signifikan antara kelompok data. Nilai wilk's lambda sebesar 0.775 dengan signifikansi 0.009 yang berarti ada perbedaan rata-rata antara kelompok data. Demikian juga untuk Hotelling trace dan Rpy's largest root masing-masing memperoleh nilai 0.291 dan signifikansi 0.009. Dari ke-empat pengujian diperoleh nilai signifikansi < 0.05.

Tabel levene's test digunakan untuk menguji homogenitas varians secara univariat. Ktriteria pengujian jika nilai signifikansi > 0.05 maka terima H0 yang menyatakan bahwa nilai varians untuk metode 1 dan metode 2 antara kelas A dan kelas B adalah homogen. Dari hasil pengujian levene's test untuk kelas A sebesar 0.043 dan kelas B sebesar 0.020 sehingga dapat disimpulkan bahwa varian nilai kelas A dan B adalah heterogen.

Tabel test of between subject effect di bawah ini memberikan gambaran pengujian model secara univariate. Nilai p-value signifikansi untuk kelas A, nilai sebesar 0.005 < 0.05 yang artinya terdapat perbedaan nilai rata-rata di kelas A antara metode 1 dan metode 2. Sedangkan nilai signifikansi untuk kelas B sebesar 00.156 > 0.05, artinya bahwa tidak ada perbedaan nilai dikelas B antara metode 1 dan metode 2.

Dari hasil analisis di atas dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan nilai rata-rata kelas A dan kelas B untuk metode pembelajaran 1 dan metode pembelajaran 2. Tetapi pada rata-rata nilai di kelas B antara metode pembelajaran 1 dan metode pembelajaran 2 tidak ada perbedaan yang signifikan.


Tidak ada komentar: