15 Desember 2011

Measurement of Agreement Cohen's kappa

Ketika kita memiliki dua variabel nominal dengan nilai yang sama (biasanya dua observasi atau skor dengan kode yang sama), kamu dapat menggunakan Cohen's Kappa untuk mengetahui reliabilitas atau kesamaan dalam pengukuran. 
"When we have two nominal variables with the same values (usually two raters' observations or scores using the same codes), you can compute Cohen's Kappa to check the reliability or agreement between the measures" (George, Nancy, Gene, Karen, 2004).
Penerapan metode ini dalam manufaktur biasanya diterapkan di bagian quality kontrol. Barang-barang yang diproduksi akan di kontrol dibagian ini, barang diterima (accept) sesuai standard atau ditolak (reject). Ada 2 hal yang perlu diperhatikan yaitu alat ukur pengetesan yang dipakai dan karyawan yang melakukan pengetesan.  Dalam hal ini Measurement of Agreement Cohen's Kappa digunakan untuk mengukur kesesuaian antara hasil evaluasi dua buah alat ukur (alat ukur pengetesan dan karyawan pengetesan) ketika alat ukur tersebut digunakan untuk subyek yang sama.

Contoh kasus
Perusahaan formula memproduksi komponen piston untuk komponen sepeda motor. Dalam 2 bulan terakhir, perusahaan sering mendapatkan komplain/penolakan dari perusahaan penerima komponen hasil produksinya. Hal ini berkaitan dengan lolosnya komponen piston yang ditolak (reject). Oleh karena itu untuk mengurangi lolosnya komponen yaang ditolak dan meningkatkan kualitas pengawasan , bagian quality control perusahaan ingin mengetahui tingkat kemampuan karyawan pada bagian QC. pertama, supervisor quaity kontrol mengambil 13 komponen piston yang ditolak (reject) dan 17 piston yang diterima (accept), kemudian komponen tersebut diacak namun sebeumnya ditandai nama piston yang reject dan accept. Ada 3 karyawan bagian quality kontrol yang akan melakukan pengetesan, mereka diminta memeriksa setiap komponen 1-30 tersebut apakah termasuk kategori ditolak (reject) atau diterima (accept). Siapakah diantara ketiga karyawan tersebut memiliki tingkat pengawasan terbaik?
Langkah-langkah analisis :
  1. Klik Analyze>Descriptive Statistics>Crosstabs
  2. Masukkan variabel komponen uji standard ke dalam Coulomn
  3. Masukkan variabel karyawan A kelom Row(s)
  4. Klik tombol Statistics dan pilih Kappa
  5. Kemudian klik Continue dan OK
Ulangi langkah ke-2 sampai ke-5 untuk variabel karyawan B dan karyawan C.

Download artikelnya [PDF]

Tidak ada komentar: