25 Oktober 2009

DESKRIPSI FREKUENSI

Dari titel/judul dapat diketahui bahwa statistik deskripsi frekuensi merupakan statistik deskripsi yang menggambarkan data dalam bentuk kuantitatif yang tidak menyertakan pengambilan keputusan melalui hipotesis. Statiktik deskripsi frekuensi digunakan untuk :
  1. Mengetahui frekuensi setiap variabel data
  2. Mengetahui distribusi respons dari setiap responden (misal : setuju, tidak setuju,dan lain-lain)
Contoh.
Sebuah pusat perbelanjaan sedang melakukan riset untuk mengealuasi tingkat kepuasan pengunjung terhadap pelayanan kasir di pusat pembelanjaan  tersebut. Diambil 50 responden dan diminta menjawab pertanyaan yang diajukan.
Langkah-langkah Analisis :

  1. Pilih Analyse, Descriptive Statistics, Frequencies
  2. Masukan variabel yang akan dianalisis ke dalam kotak variable(s)
  3. Klik Continue kemudian OK
Hasil Output SPSS 

Tabel Validasi Input Data



Tabel statistic digunakan untuk memvalidasi apakah terdapat data yang tidak diisi oleh responden (missing value). Berdasarkan tabel di atas, diketahui bahwa tidak terdapat missing value. Hal ini dapat dilihat dari row missing  yang menunjukkan nilai nol untuk semua kolom (variabel).

Tabel Frekuensi Jenis Kelamin



Tabel jenis kelamin menunjukkan bahwa dari 50 responden, terdapat 25 responden laki-laki dan 25 responden wanita yang berpartispasi dalam survei.

Tabel Sikap Responden
Tabel pelayanan kasir menerangkan distribusi frekuensi sikap responden terhadap pelayanan kasir. Terlihat bahwa dari 50 responden ,5 orang (10%) menunjukkan sikap sangat puas, 12 responden (24%) puas, 10 responden (20%) cukup puas, 16 responden (32%) tidak puas dan 7 responden (14%) sangat tidak puas).
apabila ditampilkan dalam Bar Chart seperti terlihat di bawah ini.

Grafik Frekuensi Jenis Kelamin
Grafik Sikap Responden Terhadap Pelayanan Kasir

Download artikel [PDF]

Tidak ada komentar: