25 Oktober 2009

DESKRIPSI CROSSTAB

Statistik deskriptif crosstab (tabulasi silang) termasuk dalam analisis deskripsi. Namun ada perbedaan dibandingkan dengan statistik deskriptif frekuensi,dan eksplore. Deskriptif crosstab menyajikan data dalam bentuk tabulasi, yang meliputi baris dan kolom. Ciri-ciri crosstab pada umumnya adalah dua variabel atau lebih yang mempunyai hubungan secara deskriptif. Penyajian data pada umumnya adalah data kualitatif, khususnya berskala nominal seperti hubungan antara jenis kelamin dengan usia, jenis kelamin dengan pekerjaan dan lain sebagainya.

Contoh kasus.
Sebuah rumah sakit ingin mengetahui respon dari pasien mengenai pelayanan di rumah sakit tersebut dengan kriteria adalah usia, gender, dan persepsi pasien. Apakah ada hubungan antara usia dengan persepsi (sikap) dan hubungan antara gender dengan sikap pasien mengenai pelayanan yang telah diberikan ?
Langkah analisisnya :
  1. Pilih Analyse
  2. Descriptive Statistics
  3. Crosstabulation
  4. Pindahkan variable ke Rows, dan variabel yang lain ke Colums
  5. Klik Statistics dan chi-square, continue
  6. Klik OK untuk di proses.
Hasil Output SPSS



Crosstabulasi Usia dan Sikap Pasien

Crosstabulasi Usia daan Sikap (Lanjutan)

Pada tabel usia*sikap pasien di atas menunjukan, responden yang besikap sangat puas sebanyak 13 (52%) dan tidak puas sebanyak 12 responden (48%). Responden yang bersikap sangat puas terdiri dari responden yang berumur di atas 13 tahun (15,4%), umur 13-19 th (7,7%),22-24 th (23,1%), umur 25-34 th (7,7%), umur 35-44 th (23,1%). Begitu juga untuk sikap responden yang lainnya.

Chi-Square tes



Chi-Square test Usia dengan Sikap Pasien


Chi-square test menunjukkan signifikansi p-value sebesar 0,726 (lebih kecil dari 0,05), hal ini berarti tidak ada hubungan antara usia dengan sikap pasien pada pelayanan.
Chi-Square test Gender dengan Sikap Pasien

Pada tabel chi-square test di atas menunjukkan nilai signifikansi p-value 0,543 (lebih kecil dari 0.05). Hal ini berarti tidak ada hubungan antara gender dengan sikap responden pada pelayanan rumah sakit tersebut.

Download artikel [PDF]

Tidak ada komentar: