25 Maret 2012

Input Data pada Lisrel

Telah banyak dikembangkan software untuk analisis metode Structural Equation Modeling (SEM). Software tersebut diantaranya LISREL (Joreskog dan Sorborn,1993), AMOS (Arbuckle, 1994, 1997), Mplus (Muthen dan When, 1998), EQS (Bentler, 1989,1995) Ezpath (Steiger, 1989) LISCOMP (Muthen 1988), Tetrad (Scheines,et al,1994), ROMANO, SEPATH dan STREAMS dan Mx (Neale,1997). Diantara software tersebut  Lisrel menjadi terpopuler dibandingkan yang lain karena memiliki kemampuan yang lebih untuk menganalisis berbagai metode yang kompleks. Pengembangan Lisrel saat ini  sampai versi 8.8 (full version),  untuk mendapatkannya anda bisa membeli atau  sewa. Lisrel juga tersedia versi student 8.8 (versi ini gratis). Lisrel 8.8 student version tentunya memiliki keterbatasan dibandingkan dengan full version. Batasannya adalah :
  •  Model SEM dibatasi maksimum 15 variabel observeb
  • Analisis-analisis statistik dasar dan manipulasi data dibatasi maksimum 20 variabel
  • Pemodelan multilevel dibatasi maksimum 15 variabel
  • General Linier Model (GLM) dibatasi dibatasi maksimum 20 variabel
  • Hanya dapat mengimpor data ASCII, tab-delimited, comma-delimited dan SPSS 
Pada kesempatan kali ini, contoh yang dilakukan menggunakan Lisrel 8.54. Langkah-Langkah menggunakan Lisrel 8.54 sebagai berikut :
Menyiapkan input data
Input data pada Lisrel dapat dilakukan dengan dua program yang disediakan yaitu PRELIS dan SIMPLIS. Selain untuk input data, program SIMPLIS digunakan untuk input perintah. Program SIMPLIS relatif sulit dilakukan karena membutuhkan bahasa perintah tersendiri. Namun kali ini kita akan menggunakan program PRELIS yang relatif lebih mudah dilakukan. Input data yang dilakukan agar data dapat disimpan di dalam PRELIS yang nantinya dianalisis dengan Program Lisrel. Data ini berupa data mentah yang sebelumnya disimpan pada berbagai macam program seperti SPSS, MS. ExceL, SAS, dBase, Systat, Statistica,  BMDP dan lain-lain. Namun untuk Lisrel 8.8 Student Version input data hanya dapat dilakukan untuk data yang berformat SPSS (*.sav), Comma Delimited Data (*.csv), Tab Delimited Data (*.txt) dan Free Format Data (*.dat, *.raw).
Pada bagian berikut ini akan kita bahas cara menyiapkan/menginput data yang berasal dari SPSS (.sav).
Langkah-langkah input data dapat dilakukan dengan dua cara :
Klik File >Import Data in Free Format, atau
Klik File >Import External Data in Other Formats.
1. Buka program LISREL
2. Klik File > Import External Data in Other Formats >Open.
Pada Look in, pilih folder tempat data disimpan. Pada Files of Type pilih SPSS for Windows (*.sav). Pada File Name pilih nama file (contoh, nama file Staying Intension). Kemudian klik Open.

Pilih File Input
Akan muncul tampilan Save As. Isikan pada File Name nama file untuk menyimpan data PRELIS. Dalam contoh kita beri nama Latihan Lisrel. Setelah itu klik Save.

Pilih Tempat Simpan
Secara langsung file data SPSS kita akan tersimpan dalam bentuk file PRELIS dengan nama Latihan Lisrel.psf, dan akan tampil seperti pada gambar berikut :
Simpan Dalam Prelis

Apabila data mentah tidak disimpan dalan SPSS (.sav), dapat dilakukan dengan format data yang lain seperti  MS.Excel, anda dapat menyimpan terlebih dahulu dengan format .csv atau .txt. Selanjutnya menentukan jenis data yang kita input.
  • Menentukan jenis data.
Jenis data dalam LISREL dibagi 2 yaitu data continous dan data ordinal. Data dikatakan continous jika memiliki kategori lebih dari 15. Sebaliknya, kurang dari 15  dikatakan data ordinal.

Tentukan Jenis Data
Langkahnya : Klik Data >Define Variables, maka akan muncul tampilan sebagai berikut :
Setelah itu klik nama variabel dan klik Variable Type, tentukan jenis datanya. Lakukan langkah tersebut untuk masing-masing variabel menurut jenis datanya. Jika seluruh variabel jenis data sama, klik Apply to all (diberlakukan sama).
Membuat matrik covariance dan matrik korelasi
Input data pada LISREL dapat berupa data mentah maupun matriks covariance dan matriks korelasi.
Setelah data mentah disimpan dalam PRELIS, klik Statistics dan klik Output Options pada bagian Statistics.
Akan muncul kotak dialog berikut:

Membuat Matrik Kovarian

Pada moment matrix pilih covariances, klik save to file, kemudian tulis nama file untuk menyimpan matriks kovarians tersebut. Kemudian klik OK. Dalam contoh diatas data disimpan pada partisi E, folder Lisrel dengan nama file data.cov
Data matriks kovarians akan tersimpan dalam format text documen. File tersebut dapat dibuka dengan program Notepad (bagian program Windows).
Membuat Matriks korelasi.
Matriks korelasi dibagi dua yaitu :
  1. Matriks korelasi continous yang dihasilkan dari data continous. Untuk jenis ini PRELIS akan menghasilkan matriks korelasinya dalam bentuk Pearson’s Correlation.
  2.  Matriks korelasi ordinal yang dihasilkan dari data ordinal. Untuk jenis ini PRELIS akan menghasilkan matriks korelasinya dalam bentuk Polychoric Correlation.
Terdapat empat jenis matriks korelasi untuk data ordinal, yaitu :
  1. Polychoric : matriks korelasi yang seluruh variabel memiliki skala ordinal dan juga diperlakukan sebagai ordinal.
  2. Tetrachoric : matriks korelasi dimana seluruh variabel memiliki skala dichotomous (variabel dummy; 1 dan 0).
  3. Polyserial : matriks korelasi dimana variabel memiliki skala ordinal dan juga skala interval, yang diperlakukan sebagai ordinal.
  4. Biserial : matriks korelasi dimana variabel memiliki skala interval (continuos) dan juga skala dichotomous.
Untuk membuat matrik korelasi, data mentah disimpan dalam PRELIS.
Klik Output Options>Statistics
Pada moment matrix pilih Correlations> klik save to file, kemudian tulis nama file untuk menyimpan matriks korelasi tersebut. Klik OK
Membuat Asymtotic Covariance Matrix
Asymtotic Covariance Matrix merupakan perhitungan matriks varians dan kovarians yang dihitung berdasarkan data yang berdistribusi tidak normal.
Untuk membuat Asymtotic Covariance Matrix adalah sebagai berikut:
Klik Output Options>Statistics.
Klik Save to file pada Asymptotic Covariance Matrix, kemudian tulis nama file tempat penyimpanan di bawahnya. Klik OK.

Download Tutorial [PDF]