08 Januari 2012

Uji Q Cochran

Uji Q-Cochran termasuk pengujian statistik nonparametrik yang digunakan untuk peristiwa atau perlakuan lebih dari dua. Uji ini merupakan perluasan dari uji McNemar. Data yang digunakan berbentuk binary (dikotomis). Perlakuan lebih dari dua yang dimaksud adalah sebelum, ketika dan sesudah perlakuan. Sampel diperoleh dari data yang saling berhubungan.


Formula uji Q Cochran :

 

Dimana :  Q = Nilai hasil perhitungan, k = jumlah kolom, = jumlah keseluruhan dalam kolom,  = jumlah keseluruhan dalam baris

Contoh kasus.
Peneliti sosial politik ingin mengetahui apakah terdapat perubahan preferensi pemilih terhadap calon Bupati A. Survei dilakukan sebelum kampanye, ketika kampanye dan sesudah kampanye. Data Yang diperoleh sebagai berikut :

 Dari data yang diperoleh, jawaban responden : 1 = pilihan calon Bupati A, 0 = Tidak calon Bupati A

Hipotesis :
  • H0 = Tidak terdapat perubahan preferensi pemilih terhadap calon bupati A sebelum, ketika dan sesudah kampanye
  • H1= Terdapat perubahan preferensi pemilih terhadap calon bupati A sebelum, ketika dan sesudah kampanye.

Kriteria Uji :
Tolak hipotesis nol (H0) jika nilai signifikansi p-value (<0.05)
Langkah-langkah analisis :


  1. Klik Analyze>Nonparametric>K Related Sampel
  2. Masukkan variabel sebelum, ketika dan sesudah ke kolom Test Variable
  3. Pilih Q-Cochran, kemudian OK 

 


Hasil Output Uji Q Cochran 

Ada 2 output yang dikeluarkan dari hasil uji Q-Cochran yaitu tabel frekuensi yang mana tabel frekuensi memberikan deskripsi terhadap nilai yang diperoleh dari responden pada masing-masing variabel sebelum, ketika dan sesudah kampanye dilakukan dan tabel tes Cochran Q yang memberikan nilai uji statistik dan signifikansinya.

Tabel frekuensi di atas menunjukan bahwa frekuesni responden pada hasil survei terhadap pemilihan Calon Bupati A. Responden yang tidak memilih calon Bupati A sebelum kampanye sebanyak 14 responden sedangkan yang memilih sebanyak 6 responden. Pada masa ketika kampanye, yang memilih calon Bupati A sebanyak 7 responden dan yang tidak memilih sebanyak 13 responden. Sesudah kampanye dilakukan, responden yang tidak memilih calon Bupati A sebanyak 7 responden dan yang memilih sebanyak 13 responden. 

Dari pengujian tes Q-Cochran di atas memperolh nilai sebesar 5.375 dengan signifikansi sebesar 0.068. Karena nilai signifikansi sebesar 0.068 > 0.05 maka tolak hipotesis nol yang menyatakan bahwa "Tidak ada perubahan preferensi pemilih terhadap calon Bupati A antara sebelum, ketika dan sesudah kampanye"
Download artikel [PDF]

3 komentar:

Anonim mengatakan...

Selamat siang pak saya ingin bertanya kalau hasil dari T-statistic <1.96 itu penyebabnya bisa dilihat di tabel yang mana ya?

Unknown mengatakan...

Ndk bisakah dimunculkan persentasenya ini uji Q Cohran?

Suseno Bimo mengatakan...

Zul fitrawati : Q Cochran tidak langsung menghasilkan persentase. Persentase dilakukan terpisah.